Portofolio 7 - Strategi Pembelajaran PTK

 METODOLOGI PEMBELAJARAN SMK

👉HAKEKAT PBK DAN SAINTIFIK

Strategi pembelajaran berkenaan dengan pendekatan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran untuk menyampaikan materi atau isi pelajaran secara sistematik, sehingga kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh peserta didik secara efektif dan efisien.

👉PJBL DAN PBL

Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang didasarkan pada penyelesaian proyek bagi peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek merupakan kategori strategi pembelajaran tidak langsung (indirect instruction). Pembelajaran berbasis proyek memberikan tugas yang berasal dari masalah. Peserta didik dituntut melakukan pemecahan masalah secara mandiri dengan permasalahan yang autentik sehingga memungkinkan pengembangan keterampilan dan pengetahuan peserta didik.

Pembelajaran berbasis masalah adalah strategi pembelajaran yang ―menggerakkan peserta didik belajar secara aktif memecahkan masalah yang kompleks dalam situasi realistik. 

Pembelajaran berbasis PJBL dan PBL dapat diberikan kepada peserta didik dengan cara kolaborasi antara masing-masing guru mapel, sehingga permasalahan yang diberikan dapat lebih pada penerapan pada permasalahan di dunia nyata. 

👉PEMBELAJARAN BERBASIS KERJA

Pendekatan pembelajaran berbasis kerja diturunkan dari premis bahwa setting pembelajaran pada konteks tempat kerja yang riil tidak hanya membuat pembelajaran akademik lebih mudah dicerna para peserta didik tetapi juga meningkatkan engagement in schooling industri/tempat kerja (Wonacott, 2002; Medhat, 2008).

 


--- Pembelajaran Berbasis Kerja memberikan pengalaman kepada Peserta Didik untuk mengasah kemampuan keterampilan, sikap dan pengetahuan ---

👉TEORI KEJURUAN

Pembelajaran kejuruan diselenggarakan dalam bentuk kegiatan teori di kelas atau di luar kelas dan praktik di bengkel, laboratorium atau di lapangan. Hal ini sesuai dengan hakikat pendidikan kejuruan yaitu pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki dunia kerja.

 

👉PRAKTIK BENGKEL

Pembelajaran praktik dirancang dengan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi (competence based training). Pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi menekankan pada pembekalan penguasaan kompetensi kepada peserta didik, yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan, dan tata nilai secara tuntas dan utuh. Kompetensi dapat dikuasai oleh peserta didik dengan baik jika dalam proses pembelajarannya memperhatikan kaidah-kaidah pembelajaran praktik.

👉PRAKTIK LABORATORIUM


Dalam pelaksanaan pembelajaran praktik laboratorium, peserta didik benar-benar dipersiapkan tidak hanya dari segi apa yang akan dipraktikkan, namun juga kesiapan dalam penerapan Budaya Kerja dan K3. Dalam laboratorium peserta didik harus memahami betul dengan SOP yang akan digunakan dan melakukan aplikasi pengujian sesuai dengan intruksi kerja yang diberikan.

👉HASIL BELAJAR PTK

--- Penilaian hasil belajar peserta didik dapat dinilai secara langsung dengan melihat hasil observasi tindakan praktik peserta didik guna mendapatkan evaluasi keberhasilan dari pembelajaran yang telah diberikan ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Vokasi

[Pendidikan Vokasi][bsummary]

Media Pembelajaran

[Media Pembelajaran][twocolumns]