Portofolio 10 - Pembelajaran KBK
Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi
Berfokus pada penguasaan kompetensi
Tujuan pembelajaran spesifik
Penekanan pembelajaran pada unjuk Kerja / Kinerja
Pembelajaran lebih bersifat individual
Interaksi menggunakan multi metoda : aktif, pemecahan masalah
dan kontekstual
Pengajar lebih berfungsi sebagai fasilitator
Berorientasi pada kebutuhan individu
Umpan balik langsung
Menggunakan modul
👇MANFAAT
Memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih bertanggungjawab untuk mengembangkan ketrampilan pada kecepatan tertentu
Memungkinkan siswa bersikap lebih bertanggungjawab terhadap kemajuannya
Memotivasi dan membuat siswa aktif memusatkan perhatian pada tugas-tugasnya
Memungkinkan fasilitator menyesuaikan antara pelatihan dengan persyaratan kinerja
Memungkinkan instruktor menentukan waktu mulai, selesai dan kecepatan program
Menyederhanakan prosedur penilaian
Menjamin kemampuan lulusan di tempat kerja
👇PROSEDUR PEMBELAJARAN
Menyiapkan kelas
Menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
Memberikan pretes dan atau melihat kemampuan yang telah dimiliki siswa (RPL)
Menjelaskan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan
Menjelaskan penilaian kompetensi yang dikembangkan
Menyampaikan sesi pembelajaran materi
Menjelaskan hal-hal kunci
Mendorong partisipasi aktif siswa untuk mengajukan pertanyaan
Menjawab pertanyaan dan memberi komentar
Meringkas hal-hal kunci untuk proses latihan
Mempasilitasi dan membimbing
Menyiapkan bahan ajar dan alat bahan sesuai kebutuhan untuk belajar mandiri
Memantau dan menilai proses latihan
Memberikan kesempatan siswa untuk bereksperimen dan membuat keputusan
Memberikan umpan balik yang konstruktif selama proses latihan
Mengevaluasi dan memberi Umpan Balik
Menilai hasil belajar sesuai dengan sasaran unjuk kerja
Mendiskusikan penilaian hasil belajar dengan siswa
Menginformasikan hasil belajar dan memberi umpan balik
Mendiagnosis hasil belajar siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar