Portofolio 14 - Kapita Selekta 2 : Model Pembelajaran Vokasi Masa Depan

pendidikan vokasi di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak adanya  Sekolah Teknik Menengah (STM) di Indonesia, kata teknik mengarah pada keterampilan / vokasi. perubahan STM ke SMK juga tidak merubah makna vokasi itu sendiri. jadi sudah lama kita berkecimpung di dunia vokasi, namun dewasa ini menurut saya pendidikan vokasi di Indonesia masih memiliki sejumlah tantangan. antara lain: (1) pemahaman istilah vokasi/keterampilan itu sendiri yang masih belum dipahami oleh warga sekolah, sehingga ini menjadikan ekosistem pendidikan vokasi di sekolah tersebut tersendat. (2) level kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga membuat kemampuan mencerna materi juga berbeda-beda. (3) rasio lowongan kerja industri dan jumlah lulusan SMK yang tidak sebanding, sehingga perlu adanya pembelajaran vokasi tambahan untuk mendukungnya. (4) era sociaty 5.0 yang membuat warga SMK harus segera beradaptasi dengan cepat.

masih banyak tentunya tantangan yang ada di dunia vokasi kita saat ini. namun tantangan-tantangan tersebut harus bisa kita jadikan cambuk untuk semakin beik untuk sekolah. kita harus mampu menjadikan tantangan-tantangan tersebut menjadi sebuah kekuatan untuk mengembangkan sekolah. maka disini perlu adanya model dan metode pembelajaran yang tepat agar siswa bisa semakin mamahami ruh dari pendidikan vokasi. pembelajaran berbasis masalah (PBL) tentu menjadi model pembelajaran yang bisa diterapkan di era saat ini. masalah - masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dibawa ke lingkungan sekolah, kemudian siswa berusaha menyelesaikan masalah yang ada dengan menggunakan Project Based Learning (PjBL). 

tantangan pembelajaran Pendidikan Vokasi/pembelajaran SMK di masa depån:

1. sulitnya mencari dudika yang relevan

2. Jumlah lulusan tidak seimbang dengan banyaknya lowongan pekerjaan

3. penyetaraan sarana prasarana yang harus sama dengan DUDI

4. Peningkatan soft skill siswa yang harus selalu mengikuti perkembangan di DUDI


    1. Model pembelajaran pendidikan vokasi masa depan adalah model pembelajaran berbasis hasil penelitian tentang mata pelajaran di SMK berbasis dunia usaha/industri. Dengan demikian, kompetensi lulusan yang dihasilkan SMK sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha/industri.

    2. Tidak diperkenankannya berdirinya SMK yang tidak memiliki sarana prasarana yang memadai dan setara dengan Industri

    3. Kebijakan yang mendukung demi kemajuan pendidikan  

  1. Apa sajakah tantangan pembelajaran Pendidikan Vokasi/pembelajaran SMK di masa depån?
  2. Sebagai seorang magister Pendidikan Vokasi, bagaimana anda menghadapi tantangan-tantangan tersebut?
  3. Kemukakan gagasan-gagasan anda terhadap model pembelajaran Pendidikan Vokasi/Pembelajaran SMK di masa depa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Vokasi

[Pendidikan Vokasi][bsummary]

Media Pembelajaran

[Media Pembelajaran][twocolumns]