Portofolio 12 - Metodologi Penelitian

PENILAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIK




Bloom (1979: 7) membedakan aspek hasil belajar menjadi tiga Kawasan:
❑ Kognitif : berhubungan dengan hasil belajar yang pencapaiannya melalui
pengetahuan dan keterampilan intelektual
❑ Afektif : kawasan afektif berhubungan dengan hasil belajar yang
pencapaiannya melalui minat, perhatian, sikap, serta nilai-nilai
❑ Psikomotorik: berhubungan dengan hasil belajar yang pencapaiannya melalui
keterampilan manipulasi yang melibatkan otot dan kemampuan fisik.


Menurut Leighbody (1968) keterampilan praktik dapat diukur dari beberapa hal berikut:
1. Kualitas pekerjaan, hal ini dapat diukur dari ketelitian, kecepatan menyelesaikan pekerjaan, dan hasil pekerjaannya.
2. Keterampilan menggunakan alat dan mesin-mesin, hal ini dapat dikur dari effisiensi, ketepatan menggunakan alat, menjaga keselamatan kerja alat dan mesin.
3. Kemampuan menganalisis pekerjaan dan perencanaan langkah-langkah mulai dari saat dikerjakan sampai selesai.
4. Kemampuan menggunakan informasi untuk pertimbangan dalam bekerja.
5. Kemampuan membaca diagram, gambar-gambar, simbul-simbul teknik dan penggunaan buku manual.



CARA MENGUKUR HASIL BELAJAR KETERAMPILAN

(a) pengamatan langsung serta penilaian tingkah laku peserta didik pada waktu proses belajar berlangsung
(b) sesudah mengikuti pembelajaran praktik dengan jalan memberikan test kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan keterampilan serta sikapnya
(c) beberapa waktu sesudah pembelajaran praktik selesai, misalnya penilaian dari kebersihan peserta didik dalam pekerjaan (kondisi tempat kerja, alat-alat, mesin-mesin setelah digunakan)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan Vokasi

[Pendidikan Vokasi][bsummary]

Media Pembelajaran

[Media Pembelajaran][twocolumns]